Rabu, 16 Februari 2011

MACAM-MACAM TUMBUHAN AIR


1.ECENG GONDOK
Eceng gondok adalah tanaman yang sangat popular di Indonesia. awalnya di datangkan  dari brazil oleh orang-orang belanda pada tahun 1990-an dan digunakan sebagai tanaman hias. Tanaman ini berkembang pesat tetapi hanya dianggap sebagai gulma air. Di Indonesia eceng gondok banyak di temukan di Rawa Pening Jawa Tengah dan Waduk Seguling di Jawa Barat. Tetapi eceng gondok banyak di manfaat kan sebagai pakan ternak, bunga tanaman ini tampil eksotis dengan warna ungu muda dan hanya mekar untuk sehari saja. Bunga tanaman ini biasanya terdiri dari 4-6 kuntum tiap tangkainya daunya berbentk bundar.

2.KAPU-KAPU
Kapu-kapu adalah tanaman air yang memerlukan media tanah dan air. Jika tanaman ini kebanyakan air dan sinar matahari daunnya akan cepat hancur. Tanaman ini biasanya di gunakan untuk tempat bertelur untuk ikan-ikan hias karena memiliki akar yang menggantung panjang kebawah air.

3.LOTUS DAN TERATAI
Lotus dan teratai adalah salah satu tanaman air yang menempati rangking pertama dalam kelompok tanaman air. Selain keindahan daun dan bunganya,tanaman ini juga di anggap sebagai tanaman suci bagi pemeluk agama hindu dan budha. Sepintas orang akan sulit membedakan antara lotus dan teratai, namun perbedaannya yang paling menonjol adalah pada pola tumbuhnya. Lotus tumbuh keatas sedangkan teratai tumbuh mendatar atau melebar, warna bunga lotus terbatas sedangkan teratai lebih beragam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar