Kamis, 17 Februari 2011

KONSEP DASAR MEDIA PENYIMPANAN


Penyimpanan external adalah piranti yang dapat menyimpan data secara permanent. Data tidak hilang ketika computer dimatikan. Ada beberapa macam media penyimpanan external, yaitu:
1.Pita Magnetik
Pita magnetik terbuat dari bahan magnetik yang dilapiskan pada plastik tipis seperti pita pada pita kaset. Data pada pita magnetik direkam secara berurutan dengan menggunakan drive yang khusus untuk masing-masing jenis. Secara garis besar pita magnetik dibedakan menjadi 2 yaitu:
Ø     Reel Tape =) berupa pita magnetic yang di gulung dalam wadah    berbentuk lingkaran
Ø     Tape Catrig =) berbentuk seperti kaset video atau bahkan ada yang seperti kaset audio.
          Pita magnetik mempunyai ukuran yang dinyatakan dengan istilah kepadatan pita ( Tape Dacinty ). Dalm hal ini ukuran yang digunakan adalah BPI ( Bitch Per Inci / jumlah bitch per inci ).
2.Hard Disk
Hard Diskmmerupakan salah satu jenis piringan magnetik yang memiliki kapasitas yang besar. Pada tahun 2003 kapasitas hard disk yang beredar di pasaran berkisar antara 20-40 Giga Bitch (GB). Hard Disk memiliki pirigan metal yang dilapisi dengan bahan yang memungkinkan data dapat di sipan dalam titik bermagnet. Data disimpan pada kedua permukaan piringan-piringan yang menyusun Hard Disk tersimpan rapat dalam Hard Drive, tujuannya adalah untuk melindungi dari partikel debu atau bendakecil lain mengotori piringan sehingga terjadi tabrakan antar hard an piringan yang dapat menimbulkan kerusakan.
3.Ploppy Disk
Disket di ciptakan dengan tujuan agar data dapat di pindahkan dari komputer satu ke komputer yang lain.
Disket berisi sebuah piringan magnetik disket yang umum pada saat ini adalah yang berukuran 3,5 inci dengan kapasitas 1,44 MB.
4.Jip Disk
Jip Disk di ciptakan dengan tujuan agar data dapat di pindahkan dari komputer satu ke komputer yang lain.
Jip Disk berisi sebuah piringan magnetik disket yang umum pada saat ini adalah yang berukuran 3,5 inci dengan kapasitas 250 MB.
5.Piringan Optik
Piringan optik terbagi 2 yaitu piringan CD dan piringan DVD. CD merupakan jenis piringan optic yang pertama kali muncul pembacaan dan penulisan pada piringan CD ditangani oleh sinar laser. Oleh karena itu, kecepatan akses piringan optic jauh lebih tinggi dari pada disket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar